Beragam Satwa Australia Yang Ada Pada Kebun Binatang Taronga

Australia terkenal dengan hewannya yang cantik dan unik. Dari kanguru hingga koala hingga koala, semuanya bisa dilihat di Taronga Zoo, Sydney. Kebun Binatang Taronga, juga dikenal sebagai Kebun Binatang Taronga, adalah salah satu kebun binatang tertua yang pernah didirikan di Australia. Resmi dibuka pada 7 Oktober 1916, Kebun Binatang Taronga sudah berusia lebih dari 100 tahun. Meski usianya sudah cukup tua, namun penampilan kebun binatang ini masih jauh dari kata didapat. Desain kebun binatang sangat modern. Tidak mengherankan jika kebun binatang ini dikelola oleh siswa muda, serta keluarga muda dengan anak kecil. Pemandangan seperti itu sempat disaksikan detikTravel akhir pekan lalu sebelum mengunjungi Kebun Binatang Taronga. Diundang atas kerjasama Garuda Indonesia dan Tourism Australia (Destinastion New South Wales), detikTravel diundang ke berbagai tempat wisata Sydney, termasuk Taronga Zoo.

Cara Unik Berkeliling Kebun Binatang Taronga

Perjalanan menuju Kebun Binatang Taronga dimulai di Pelabuhan Watson Bay. Ya, salah satu cara menuju ke kebun binatang ini adalah dengan menggunakan taksi air. Jaraknya sekitar 15 menit, lebih pendek dibanding harus menempuh perjalanan darat. Kebun Binatang Taronga agak unik, terletak di Dataran Tinggi Mosman, alih-alih menggunakan mobil, kita bisa naik feri dengan pemandangan Sydney Opera House dan jembatan Sydney Harbour yang terkenal. Di sana juga disediakan Pelabuhan Kebun Binatang Taronga untuk melayani mereka yang bepergian ke sini. Tarifnya sekitar 8,7 dolar Australia (setara dengan 89 ribu Rp) sekali jalan.

Baca juga Beberapa Binatang Liar Yang Mengalami Kepunahan

Setibanya di sana, kami langsung disambut oleh Paul, salah satu staf Kebun Binatang Taronga, dan diajak naik gondola. Ya, keunikan kedua dari kebun binatang ini adalah kita akan naik perahu gondola ke hewan sambil menikmati pemandangan kebun binatang yang menakjubkan dari atas bukit. “Kenapa naik gondola? Karena Kebun Binatang Taronga berada di atas bukit, agak tinggi. Sebenarnya kamu bisa jalan kaki, tapi lebih mudah kalau naik gondola, maka kamu akan turun, bukan sebaliknya. Kamu akan lelah setelah itu, “kata Paul. detikTravel.

Ratusan Jenis Hewan

Beragam Satwa Australia Yang Ada Pada Kebun Binatang TarongaDalam waktu kurang dari 10 menit, gondola membawa kami ke tengah kebun binatang, yang luasnya sekitar 28 hektar. Naik gondola gratis lho! Langsung dari marina gondola, kita bisa berjalan ke berbagai bagian kebun binatang untuk melihat berbagai koleksi hewan di sana. Ada sekitar 350 spesies hewan yang dikoleksi di Kebun Binatang Taronga. Jumlah individu sendiri mencapai sekitar 4.000. Mulai dari hewan khas Australia, hingga Asia seperti gajah dan harimau sumatera.

Karena kita sudah terbiasa melihat hewan Asia, mari kita langsung ke bagian spesies hewan di Australia. Tentu saja, kandang pertama yang kami datangi adalah koala, hewan yang sangat cantik dengan hobi tidur. Kami langsung disambut oleh Stephanie, salah satu kandang koala yang menjelaskan tentang hewan unik ini. Stephanie berkata: “Koala adalah hewan yang sangat lucu dan cantik. Ia bisa tidur hampir 18-20 jam sehari. Saat tidur, akan seperti ini, memeluk pohon. Tidak akan berubah. posturnya lagi dan tidak jatuh, “kata Stephanie.

Seekor koala bernama Darwin sangat membutuhkan banyak waktu tidur untuk mencerna makanan kesukaannya, daun kayu putih. Daun kayu putih diketahui memiliki nilai energi yang rendah, sehingga koala membutuhkan banyak waktu untuk mencerna. Jadi kita akan melihat bahwa Koala menghabiskan hampir tiga perempat hidupnya untuk tidur hanya dengan mencerna daun kayu putih. Tidur, koal ini sangat lucu. Pengunjung diperbolehkan berfoto dengan koala ini, selama mereka tidak menggunakan lampu yang berkedip-kedip dan tidak menyentuh koala sama sekali, karena ini pasti akan membuatnya terbangun dan langsung stres.

Share Post