8 Objek Wisata Bersejarah Di Indonesia Yang Wajib Masuk List Liburan Anda

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat beruntung. Karena Nnegara ini tidak hanya diberkahi dengan wisata alam yang melimpah, tetapi memiliki banyak tempat bersejarah. Peningalan dari kejayaan kerajaan kuno hingga perjuangan rakyat untuk merdeka dari penjajah di era kemerdekaan, semuanya terpelihara dengan baik di berbagai tempat wisata sejarah di Indonesia. Wajib sekali untuk merencanakan perjalanan Anda selanjutnya dengan mengunjungi tempat-tempat yang akan kami sebutkan. Selain tempat wisata yang unik, ada banyak tempat wisata sejarah di Indonesia. Penasaran? simak dulu destinasi wisata sejarah terkenal di Indonesia yang kami bahas dibawah ini:

Kota Tua Jakarta

Jakarta punya daya tarik wisata sejarah yang tak kalah menarik dari kota lainnya yakni Kota Tua Jakarta. Kota Tua Jakarta pada zamannya memiliki peran sebagai pusat pemerintahan kolonial Belanda, sehingga Anda akan langsung merasa berbeda saat berada di destinasi wisata bersejarah di Indonesia ini. Karena masih banyak bangunan bersejarah dengan gaya arsitekturnya masing-masing. Sebagian besar bangunan bersejarah satu ini telah dijadikan museum modern, kafe, restoran, dan lainnya.

Candi Borobudur, Magelang

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur? Tempat wisata sejarah satu ini tentu sangat terkenal sekali oleh masyarakat Indonesia. Sudah berdiri pada kejayaan pemerintahan Raja Samaratungga yang berasal dari keluarga dinasti Syailendra. Monumen bersejarah Indonesia yang terkenal satu ini memiliki tinggi 42 meter dan memiliki 10 lantai. Arsitek Borobudur, Gunadharma berhasil menciptakan 2.672 relief yang menghiasi seluruh permukaan candi Budha terbesar itu. Candi Borobudur adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari tempat bersejarah sebagai tujuan wisata berikutnya. Tempat bersejarah ini sendiri memiliki pemandu yang siap menceritakan kisah yang mereka ketahui tentang Candi Borobudur.

Candi Prambanan, Yogyakarta

8 Objek Wisata Bersejarah Di Indonesia Yang Wajib Masuk List Liburan AndaCandi Prambanan adalah salah satu bukti agama Hindu di Indonesia. Selain Candi Borobudur, candi di Yogyakarta ini juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai seni, adat istiadat, situs sejarah dan situs kuno sebagai tempat wisata. Kuil ini adalah tempat persembahan yang di tunjuk untuk Dewa Siwa, salah satu dari tiga dewa umat Hindu. Candi Siwa ini memiliki tinggi 47 meter. Bangunan ini juga merupakan candi induk yang bersebelahan dengan candi Dewa Wisnu dan candi Dewa Brahma. Ketiganya disebut candi Trimurti dan dikelilingi oleh ratusan candi kecil lainnya.

Fort Rotterdam, Makassar

Tempat Wisata Sejarah Benteng Rotterdam dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Gowa Taro, pada masa pemerintahan raya Gowa ke-9 pada tahun 1667. Benteng Fort Rotterdam ini terletak di pinggiran pantai barat sebelah kota Makassar. Tempat wisata Indonesia ini dulunya diberikan nama Benteng Ujung Pandang. Tempat bersejarah ini menandai keberhasilan penjajahan kolonial Belanda terhadap Indonesia dan menjadi saksi kejatuhan kekuasaan pemerintah Belanda pada masa itu.

Taman Sari, Yogyakarta

Salah satu destinasi wisata sejarah dan terpopuler di Indonesia adalah Taman Sari. Bangunan ini memakan waktu sembilan tahun untuk dibangun dan pada awalnya dirancang sebagai taman istana Keraton  Ngayogyakarta Hadiningrad pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Taman Sari memiliki luas 10 hektar yang mencakup kolam pemandian, jembatan gantung, dan kanal Air. Taman Sari dirancang oleh arsitek Portugis yang memiliki julukan sebagai Demang Tegis. Destinasi wisata Indonesia ini telah melewati banyak peristiwa sejarah, mulai dari penjajahan Belanda dan Jepang hingga kemerdekaan Indonesia, selamat dari invasi Inggris tahun 1812 dan gempa bumi tahun 1876.

Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama Semarang memiliki sejarah yang panjang. Kota Lama Semarang adalah kawasan bisnis yang ramai dari abad ke-19 dan ke-20 dan merupakan rumah bagi sekitar 50 bangunan bersejarah paling berharga. Pengunjung destinasi wisata bersejarah di Indonesia ini akan di perlihatkan sebuah arsitektur bangunan bergaya Eropa tahun 1700-an. Banyak sekali para wisatawan yang sudah mengunjungi wisata bersejarah satu ini.

Gereja Katedral, Jakarta

Objek sejarah selanjutnya adalah Gereja Katedral yang terletak di pusat kota Jakarta. Bangunan ini merupakan situs warisan budaya yang dilindungi secara nasional. Katedral ini dibangun pada tahun 1807 ketika Paus Pius VII Pater Nelissen mengangkat seorang pastor yang bernama Pastor Nelissen yang memiliki tugas sebagai Prefek Apostolik (seorang imam dalam misi Kepausan) Hindia Belanda. Orang yang pertama kali meletakkan batu fondasi untuk gereja adalah pendeta profesional Carolus Wenneker.

Lawang Sewu, Semarang

8 Objek Wisata Bersejarah Di Indonesia Yang Wajib Masuk List Liburan AndaTentunya warga Semarang dan masyarakat di luar Semarang sangat mengenal salah satu tempat bersejarah satu ini. Lawang sewu pernah menjadi kantor swasta perusahaan kereta api Belanda Spoorweg Maatschappij (NIS). Namun, ruang bawah tanah dan loteng Lawang Sewu berisi beberapa penjara. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, penjara tersbut di alihkan sebagai ruang penyiksaan yang menjadi ruangan terburuk bagi orang Belanda yang di tahan. Salah satu bangunan tertua bukti perjuangan bangsa Indonesia, bangunan ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai tiga tahun kemudian, sekarang berusia lebih dari seratus tahun. Meskipun “Lawang Sewu” secara harfiah berarti “seribu pintu”, kita dapat melihat bahwa bangunan ini tidak memiliki 1000 pintu, hanya 429 pintu. Disebut Lawang Sewu, bukan karena banyaknya, tetapi karena banyaknya pintu dan jendela yang besar.

Share Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.